Senin, 14 Mei 2012

motif kamar tidur untuk anak


Memilih Motif Kamar Tidur untuk AnakShare


Memilih motif kamar tidur untuk anak tidaklah sulit. Kamar tidur anak biasanya bermotif karakter kartun, atau tema olahraga. Tapi jika anak Anda tidak menyukai motif-motif tertentu, Anda dapat memilihkan rancangan yang non-motif. Fungsi kamar tidur yang utama adalah tempat istirahat agar anak dapat kembali segar melakukan aktivitasnya sehari-hari.
Jadi suasana kamar tidur haruslah nyaman dan membuat ia nyenyak tidur. Orangtua perlu membiasakan anak untuk disiplin tidur sejak usia dini. Berikut ini 5 hal mendasar yang dapat membantu Anda mengatur suasana kamar tidur anak agar tidurnya nyenyak.
  1. Jauhkan suara bising dari kamar anak. Jika Anda memiliki ruang hiburan, pastikan agar tidak dekat dengan kamar anak. Juga pastikan kamar anak tidak di dekat jalan raya supaya anak tidak mendengar suara lalu lintas atau klakson mobil.
  2. Jangan menempatkan televisi di kamar anak. Anak-anak biasanya akan terpancing untuk menonton acara televisi sampai mereka tertidur. Pastikan anak-anak memiliki waktu tidur minimal 12 jam.
  3. Hindari penggunaan warna cerah atau terlalu terang. Warna terang kurang bisa mendorong anak untuk tidur tenang. Warna terang dapat membuat mereka semakin aktif bermain. Warna tersebut membuat anak jadi merasa tidak lelah dan tidak mau tidur. Gunakanlah warna primer yang bersahabat bagi anak Anda, tapi warna-warna yang berada dalam gradasi pastel seperti warna merah, hijau, dan biru pastel.
  4. Atur pencahayaan kamar. Gunakan cahaya redup jika Anda masih ingin warna-warna cerah untuk kamar anak Anda. Tapi, pastikan untuk menggunakan lampu redup pada saat anak sedang tidur. Dengan cahaya redup, suasana warna cerah akan terlihat lebih lembut. Cara ini dapat membuat anak Anda cepat tidur.
  5. Gunakan motif lukisan alam. Gambar pegunungan yang dipadu dengan pepohonan atau tanaman. Anda bisa mengecat dinding dengan kombinasi gambar pegunungan tinggi, lapangan hijau, dan langit biru. Pastikan bahwa lukisan itu bisa menenangkan matanya. Lengkapi dengan bantal, selimut, dan lemari yang warnanya senada, misalnya sama-sama bernuasana biru dan hijau. Tapi Anda bisa pula membuat variasi, dengan tipe atau warna yang nuansanya sedikit berbeda.(*/Nilam/Bahrululum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar