Senin, 14 Mei 2012

kasur yang bagus untuk beristirahat


Sebagai tempat untuk beristirahat, wajar jika kasur menjadi perangkat paling penting di kamar tidur karena kita bakal menghabiskan waktu sepertiga hidup di atasnya. Tanpa tidur yang cukup dan berkualitas, kita akan mengalami gangguan kesehatan dan bahkan gangguan mental.
Karena pada saat tidur, kita mengalami pemulihan dan pengembangan secara fisik maupun mental. Dengan tidur yang berkualitas dan mencukupi, Anda akan bangun dalam keadaan lebih segar dan siap menghadapi tantangan esok hari secara lebih baik.Walaupun penting, ternyata banyak orang alpa dan mengabaikan kualitas tempat tidur hanya karena tergiur desain yang cantik atau harga yang murah.
Riset para ahli menunjukkan bahwa kesalahan dalam pemilihan matras atau spring bed dapat mengurangi kualitas tidur Anda. Bahkan juga akan memengaruhi pola tidur Anda. Memang selain penggunaan sprei yang cantik, kasur sebenarnya memegang peranan penting dalam kualitas tidur.
Karena itu, desainer tempat tidur kenamaan yang berbasis di Gloucester Road, Brighton, London, Warren Evans, berusaha memberikan panduan penting saat Anda memutuskan untuk membeli kasur. Pertama, luangkan waktu untuk mempertimbangkan berapa besar kasur yang akan dibeli.
Jika Anda tidur dengan pasangan yang Anda tahu selalu bergerak dan tidak bisa diam, pilih ranjang yang lebih besar sehingga Anda tidak terganggu dan malah menjadi melek terus sepanjang malam. Dengan begitu, Anda akan menikmati tidur yang nyenyak, bergerak secara alami tanpa terganggu.
Kasur
Harap diingat, sebuah riset di Amerika Serikat menemukan bahwa rata-rata orang dewasa yang diamati tidurnya di atas tempat tidur berkualitas, membolak-balikkan badan mereka sebanyak 60–80 kali sepanjang malam. Dalam tujuh jam tidur, itu berarti 5–7 menit sekali seseorang menggerakkan badannya. “Ketika Anda berpikir untuk membeli kasur, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu dengan pasangan guna memastikan ada banyak ruang buat Anda berdua,” kata Evans, seperti dikutip situs Female First.
Evans menyarankan, jika kamar tidur Anda tidak cukup luas, pilih kasur yang sedang saja dan bisa menghemat tempat. Hal ini akan memberi kesan kamar tidur Anda lapang dan memungkinkan untuk menyimpan berbagai barang di bawahnya. Untuk pencocokan dengan furnitur lain, jangan menggunakan banyak warna serta gaya karena akan membuat tampilan ruang tidur menjadi “kacau” dan berantakan. Cukup pilih satu tema besar saja. “Ketika belanja ranjang, selalu ingat dan cari model serta warna yang bagus dicocokkan dengan furnitur yang ada,” saran Evans.
Gaya dan warna yang sepadan juga dapat memberikan rasa yang lebih pada ruang tidur. Jika Anda ingin mendekor ulang kamar Anda, pemilihan tempat tidur harus menjadi titik fokus dari kamar tidur.
Berbicara bahan pembuat kasur, Evans menyatakan, bahan-bahan alami sedang menjadi tren. Misalnya bahan ranjang dari kayu, batu, atau benang wol. Jika Anda memutuskan untuk membeli tempat tidur yang terbuat dari kayu, pastikan terdapat tanda persetujuan FSC pada produknya, yang berarti bahwa kayu tersebut berasal dari hutan yang dikelola dengan baik sehingga tidak merusak lingkungan.
“Pastikan juga untuk membeli kasur yang dibuat dengan mesin pen serta lubang tradisional (mortise and tenon joints), untuk menambah kekuatan dan daya tahannya,” imbuh Evans. Evans mengingatkan, tempat tidur yang baik tidak selalu yang paling mahal. Karena itu, keluarkan biaya sesuai dengan kemampuan keuangan.
Kasur Yang Baik
Namun, tetap perlu juga diperhatikan manfaat lebih yang akan Anda dapat. Harap diingat, Anda bakal menghabiskan sekitar sepertiga waktu kehidupan Anda dengan tidur. Bayangkan, sebuah ranjang yang baik adalah investasi yang solid. Yang paling penting juga saat memilih tempat tidur, coba dulu sebelum membeli. “Saya selalu merekomendasikan agar Anda dan pasangan masuk toko untuk mencoba terlebih dahulu kasur yang dipilih sebelum memesan,” tandasnya.
Untuk beberapa hal mungkin kegiatan ini akan memalukan, tapi berbaring dan menggerakkan badan bolak-balik di kasur yang Anda suka adalah metode terbaik untuk memastikan bahwa Anda telah membuat pilihan yang tepat.
Sangat penting untuk berinvestasi menggunakan ranjang yang baik. Tempat tidur yang murah biasanya kualitasnya juga rendah dan mudah rusak serta berubah bentuk dalam beberapa bulan. Jika Anda memilih spring bed yang lebih mahal, tentu akan mendapat keuntungan yang banyak, dengan daya tahan serta kenyamanan ekstra.
Untuk menguji apakah Anda memilih kasur yang tepat, Evans memiliki sebuah metode. Berbaringlah dan letakkan tangan Anda ke punggung dan gerakkan di sekitar kasur. Jika tangan Anda bergerak terlalu mudah, maka kasur tersebut mungkin terlalu keras. Namun, jika tangan berjuang keras untuk bergerak, maka ranjang itu terlalu lembut buat Anda. Idealnya, Anda harus dapat menggerakkan tangan dengan sedikit perlawanan.
Terakhir, jika Anda telah melihat-lihat dan memilih kasur secara teliti, kasur yang bagus akan bertahan hingga 10 tahun. Ganti matras kasur Anda setiap enam bulan atau lebih agar tetap segar. Dan meskipun menyenangkan, hindari melompat- lompat di tempat tidur. Itu hanya akan merusak pegas dan rangka kasur Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar