Selasa, 12 Juni 2012

Bayi tidur terpisah dengan orang tua

Bayi Tidur Terpisah Dengan Orang Tua

Banyak orang tua memilih bayi di tempatkan di ruangan sendiri terpisah dengan orang tua. Hal ini tentunya memiliki keuntungan dimana anak akan terbiasa mandiri sejak dini, selain itu orang tua akan leluasa ketika tidur.
Ruangan bayi di pasang alat monitor bayi, sehingga jika bayi menangis orang tua bisa mendengarnya dari kamarnya, selain itu monitor bayi juga dapat melihat kondisi bayi sedang apa. Kelemahannya adalah orang tua membutuhkan jeda waktu untuk pemenuhan kebutuhan bayi, selain itu sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome - SIDS) yang disebabkan oleh bayi lupa bernafas sering terjadi. Meskipun ada monitor, mutlak pengawasan bayi tetap ada di tangan orang tua bukan pada monitor.
Solusi yang paling baik agar bayi bisa mandiri sejak dini, orang tua tetap leluasa ketika tidur, tapi memiliki tingkat keamanan yang baik adalah dengan cara tetap bayi di tempatkan di ranjangnya sendiri, tapi ranjang tersebut lokasinya masih dalam satu ruangan orang tua. Ini merupakan solusi yang menyenangkan sekaligus aman. Namun jangan lupa bersihkan kamar orang tua dari rokok, alkohol atau obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar